Call Us : +6221 3972 2050 | Email : [email protected]

Top

Pajak Setahun RI Hanya Cukup Bayar Utang Jangka Pendek, Apa Mungkin Bank Dunia Salah Hitung?

Pajak Setahun RI Hanya Cukup Bayar Utang Jangka Pendek, Apa Mungkin Bank Dunia Salah Hitung?

Jakarta – Utang Indonesia setara pendapatan pajak nasional setahun.

Salamuddin Daeng dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) memberi kesimpulannya ini merujuk laporan Bank Dunia bahwa utang jangka pendek Indonesia dan Thailand mencapai 50 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 758,3 triliun dan 63 miliar dolar AS.

Hasil gambar untuk Salamuddin Daeng
“Berarti jumlah utang yang harus dibayar dalam setahun ini mencapai Rp 945 triliun lebih. Apa mungkin Bank Dunia salah hitung,” kata Salamuddin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (7/10).

Sebab, lanjut Salamuddin, itu berarti seluruh pajak yang dibayarkan rakyat hanya cukup untuk membayar utang jangka pendek.

“Itu benar-benar membuat pemerintah ini lara,” ujar Salamuddin.

Pada sisi yang lain, menurut dia, kondisi curency yang sangat tidak stabil dan cenderung menurun dengan cepat terhadap mata uang asing membuat pemerintah sulit memperoleh utang baru.

“Hanya investor murah hati yang mau membeli obligasi pemerintah Indonesia dan mau menanggung kerugian kurs,”imbuhnya.

Kemungkinan pemerintah dalam posisi menunda pembayaran utang jangka pendek. “Dan ini pasti akan banyak masyakat yang ribut dan protes dan akan menuntut pencairan dana mereka dan lebih jauh akan membawa dampak pada rush di perbankan,” ujar dia, mengingatkan.

Salamuddin menerangkan, situsi ekonomi berkembang saat ini mendorong banyak bank di Indonesia yang menempatkan dana mereka di Surat Utang Negara (SUN)

Sumber : https://bit.ly/2NvoI83

No Comments

Post a Comment